Pengakuan Iman Rasuli

Dec

8

2011

saya mau tanya, apa menurut pandangan bapa-bapa gereja mengenai Pengakuan Iman Rasuli?

Tags:

In: Ajaran Asked By: [2 Grey Star Level]
Answer #1

Tidak jelas sejak kapan Pengakuan Iman Rasuli dirumuskan, namun dalam surat Uskup Mercellus dari Ankyra yang hidup tahun 340M ditemukan kutipan rumusan Pengakuan Iman Rasuli tersebut dalam bahasa Yunani. Oleh Rufinus (meninggal 410M) teksnya diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dan diberi judul Symbolum Apostolorum (= Pengakuan Iman Para Rasuli) dan dibacakan dalam gereja-gereja Roma Khatolik. Sampai sekarang telah menjadi milik seluruh gereja di dunia.

Pengakuan iman ini disusun untuk melawan aliran-aliran sesat yang sudah berkembang dalam jemaat mula-mula (seperti Gnostik dan Doketisme) bapa-bapa gereja menyusun rumusan Pengakuan Iman Rasuli yang memuat unsur-unsur:
1. Aku percaya kepada Allah Bapa,
2. Aku percaya kepada Kristus Yesus,
3. Aku percaya kepada Roh Kudus.

Pengakuan Iman Rasuli ini tidak disusun oleh para rasul sendiri, tetapi isinya sesuai dengan pengajaran para rasul. Sekalipun demikian, Pengakuan Iman Rasuli ini tidak boleh disejajarkan / dianggap setingkat dengan Kitab Suci / Firman Tuhan, sebab Pengakuan Iman Rasuli ini merupakan ringkasan dari doktrin-doktrin yang penting dalam kekristenan, dan berfungsi untuk menjaga kita dari kesesatan.

Pengakuan Iman Rasuli adalah salah satu dari kredo yang secara luas diterima dan diakui oleh Gereja-gereja Kristen, khususnya Gereja-gereja yang berakar dalam tradisi Barat. Di kalangan Gereja Katolik Roma, kredo ini disebut Doa Syahadat Singkat.

Kredo ini adalah rumusan ajaran dasar Gereja purba, yang dibuat berdasarkan amanat agung Tuhan Yesus Kristus untuk menjadikan segala bangsa muridnya, membaptiskan mereka dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus (Matius 28:18-20). Karena itu, dari kredo ini kelihatan bahwa doktrin sentralnya adalah Tritunggal dan Allah sang Pencipta yang hadir ke dunia sebagai Sang Juru Selamat.

Blessings,
BP

Answers Answered By: BP [744 Orange Star Level]

Answer this Question

You must be Logged In to post an Answer.

Not a member yet? Sign Up Now »

Perhatian!

Situs sini adalah tempat Anda bertanya, bukan tempat Anda memposting artikel, pendapat Anda maupun sanggahan Anda. Jika itu maksud Anda, silahkan Anda buat blog pribadi. Selebihnya akan kami hapus, terimakasih atas perhatiannya.

Star Points Scale

Earn points for Asking and Answering Questions!

Grey Sta Levelr [1 - 25 Grey Star Level]
Green Star Level [26 - 50 Green Star Level]
Blue Star Level [51 - 500 Blue Star Level]
Orange Star Level [501 - 5000 Orange Star Level]
Red Star Level [5001 - 25000 Red Star Level]
Black Star Level [25001+ Black Star Level]